Profil SMP Gunung Jati Jakarta

Admin November 01, 2017
Kondisi Letak Geografis SMP Gunung Jati
SMP Gunung Jati adalah sekolah yang terletak di kawasan pemukiman padat penduduk dan kawasan bisnis, berjarak 3 km dari kantor Sudin Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Utara, tepatnya terletak di Jl. Sungai Bambu IV No. 35 RT. 005 RW. 008, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. SMP Gunung Jati, dengan luas kurang lebih 1362 m2, berada tidak jauh dan tidak pula berdekatan langsung dengan jalan raya sehingga kebisingan lalu lintas tidak mengganggu aktifitas belajar peserta didik.

Di lingkungan sekitar SMP Gunung Jati terdapat 3 (dua) sekolah dasar baik negeri maupun swasta yaitu SDN 05 Sungai Bambu, MI Al-Ikhsaniyah dan SD Nurul Falah. Hampir 50% lulusan dari ketiga SD Negeri tersebut melanjutkan ke SMP Gunung Jati. Berdasarkan data di atas maka mutu pendidikan  SMP Gunung Jati sesungguhnya juga ikut dipengaruhi oleh mutu pendidikan di sekolah dasar tersebut dan SDN lainnya yang berada di kecamatan Tanjung Priok, Cilincing, dan Kelapa Gading.

Kondisi Demografis SMP Gunung Jati
Masyarakat di lingkungan SMP Gunung Jati mayoritas berprofesi sebagai pedagang, karyawan swasta, buruh, dan lain-lain. Masyarakat di wilayah Sungai Bambu terdiri dari berbagai suku dan agama. Meskipun sebagian besar masyarakat berasal dari Jawa dan Sunda, namun mereka tetap hidup berdampingan dan rukun sehingga mempengaruhi kenyamanan belajar peserta didik. Masyarakat di sekitar SMP Gunung Jati ada yang menganut agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha.

Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat
Kemampuan ekonomi masyarakat di lingkungan SMP Gunung Jati mayoritas baik walaupun masih terdapat masyarakat miskin yang umumnya bekerja sebagai buruh dan pekerja kontrak lepas yang menyekolahkan anak-anaknya ke SMP Gunung Jati.

Kondisi Politik dan Keamanan
Dalam bidang politik, pada umumnya masyarakat di lingkungan Kelurahan Sungai Bambu, tidak terlalu terlibat kegiatan politik praktis. Hal ini disebabkan masyarakat di lingkungan Kelurahan Sungai Bambu adalah masyarakat pekerja dan pebisnis, yang kegiatannya berkonsentrasi pada pekerjaan mereka masing-masing.
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Lingkungan di sini cukup aman karena didukung oleh kesadaran seluruh masyarakat untuk hidup bersama, yang rukun, saling menghargai, saling menghormati, menjaga keharmonisan, dan keamanan lingkungan. Seperti ditunjukkan oleh kesediaan melaksanakan kegiatan gotong royong, siskamling, dan sebagainya. Selain itu keamanan juga didukung satuan pengamanan RW. 008 Kelurahan Sungai Bambu.

Kondisi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
Perkembangan IPTEK di lingkungan SMP Gunung Jati sangat pesat, hal ini dibuktikan dengan mayoritas masyarakat memiliki alat akses teknologi terkini seperti gadget Android, TV, komputer, internet dan lain-lain.

Selain itu kesadaran masyarakat dalam bidang pendidikan juga cukup meningkat, hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya persentase anak-anak dari Kelurahan Sungai Bambu yang melanjutkan sampai jenjang pendidikan tinggi di berbagai universitas yang ada di DKI Jakarta, baik yang negeri maupun swasta.

Kondisi Kebijakan Pemerintah
Kondisi kebijakan pemerintah saat ini sangat mendukung perkembangan kemajuan pendidikan. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP), dan lain-lain.

Kebijakan pemerintah lainnya yang juga mendukung kemajuan pendidikan yaitu bantuan pengadaan atau perbaikan sarana dan prasarana, tunjangan guru, pelaksanaan diklat tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dan lain-lain. Hal ini sangat memungkinkan karena mulai tahun anggaran 2009 pemerintah telah menganggarkan APBN sebesar 20% untuk sektor pendidikan.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar Pengunjung